Upacara Bendera Dalam Rangka HUT Korpri Ke-47 Tahun 2018 Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A dengan Tema “Korpri: Melayani, Bekerja Dan Menyatukan Bangsa”

29 Nov

10
Written by Super User
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

CILACAP - Kamis, 29 November 2018 dilangsungkan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang ke-47. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kristanto Sahat Hamonangan Sianipar, S.H., M.H. yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A, Jon Effreddi, S.H., M.H., yang pada kesempatan sama menghadiri undangan di Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Acara yang dilaksanakan di halaman gedung Pengadilan Negeri Cilacap berjalan dengan khidmat dan lancar dengan diikuti oleh seluruh hakim, calon hakim, pejabat struktural, pejabat fungsional serta ASN. Tema Peringatan HUT Korpri ke-47 adalah “Korpri: Melayani, Bekerja, dan Menyatukan Bangsa.”

20181129 upacara hut korpri foto.1

Sejak pertama kali berdiri, Korpri sebagai satu-satunya wadah bagi Pegawai Republik Indonesia selalu berupaya terus menerus dalam meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas dan hanya berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara. Sejalan dengan berlakunya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, Korpri siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintah yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi, mewujudkan jiwa korps sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum, serta mengembangkan kesejahteraan anggota. Peringatan HUT Ke-47 Korpri saat ini mengambil filosofi bambu yang akarnya menjadi perekat tanah merupakan simbol memperkukuh dan mempersatukan bangsa. Bambu yang subur di Indonesia tumbuh secara berumpun merupakan simbol solidaritas dan kebersamaan.

20181129 upacara hut korpri foto.2   20181129 upacara hut korpri foto.3

Kristanto Sahat Hamonangan Sianipar, S.H., M.H. membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia selaku Penasihat Nasional Korpri. Dalam sambutannya disampaikan:
Selama 47 tahun, Korpri beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkukuh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. Jajaran Aparatur Sipil Negara telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. Jajaran Aparatur Sipil Negara juga ikut serta menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme.
Upaya untuk memberikan yang lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara harus selalu ditingkatkan. Dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat, Aparatur Sipil Negara juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman.
Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi, terutama pengomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari Aparatur Sipil Negara.
Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.
Mulai tahun 2019, pemerintah akan melakukan program besar-besaran untuk memperkuat sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor, SDM di semua lapis pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan. SDM kita harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknologi yang sedang berubah cepat.

20181129 upacara hut korpri foto.4   20181129 upacara hut korpri foto.5

Selamat Ulang Tahun Korpri yang Ke-47, junjung tinggi Panca Prasetya Korpri, dan teruslah berbakti untuk ibu pertiwi. (RNP)

Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. pada Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A: Dengan Maulid Nabi Muhammad Saw 1440 H/2018 M Kita Jadikan Momentum Merenungkan Keteladanan Rasulullah

27 Nov

10
Written by Super User
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

CILACAP - Bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma Selasa, 27 November 2018 dilaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W. Kegiatan diikuti oleh seluruh muslim/muslimat baik Hakim, Calon Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, serta ASN Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A. Taushiyah disampaikan oleh K.H. Hasan Makarim dari Cilacap dengan mengambil tema “Dengan Maulid Nabi Muhammad saw. 1440 H/2018 M, Kita Jadikan Momentum Merenungkan Keteladanan Rasulullah”. Dalam taushiyah-nya, K.H. Hasan Makarim menyampaikan empat sifat Rasulullah saw.: shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah.

20181127 pengajian maulid nabi foto.1

Nabi Muhammad saw. adalah nabi terakhir yang mendapatkan banyak gelar baik dari Allah maupun dari manusia. Berbagai julukan diberikan kepada beliau atas kesuksesannya dalam melakukan misi risalahnya di muka bumi. Beliau berhasil menjadi pemimpin agama (sebagai Nabi) berhasil menjadi pemimpin negara (ketika memimpin negara Madinah). Di samping itu beliau juga berhasil dalam menjalankan berbagai kepemimpinan yang lain, seperti memimpin perang, memimpin musyawarah, dan memimpin keluarga. Karena itu, sudah sepantasnya umat Islam menjadikannya sebagi teladan yang terbaik. Terkait dengan hal ini Allah swt. berfirman:
”Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS Al-Ahzab [33]: 21).

20181127 pengajian maulid nabi foto.2   20181127 pengajian maulid nabi foto.3

Untuk dapat meneladani Nabi Muhammad Saw. dalam kehidupan kita sehari-hari, tentunya kita, umat Islam, harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh beliau dan bagaimana perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Agar kita dapat meneladani Nabi Muhammad saw., berikut sifat-sifat dan perilaku beliau:
1. Shiddiq, yang berarti jujur. Nabi dan rasul selalu jujur dalam perkataan dan perilakunya dan mustahil akan berbuat yang sebaliknya, yakni berdusta, munafik, dan yang semisalnya.
2. Amanah, yang berarti dapat dipercaya dalam kata dan perbuatannya. Nabi dan rasul selalu amanah dalam segala tindakannya, seperti menghakimi, memutuskan perkara, menerima dan menyampaikan wahyu, serta mustahil akan berperilaku yang sebaliknya.
3. Tabligh, yang berarti menyampaikan. Nabi dan Rasul selalu menyampaikan apa saja yang diterimanya dari Allah (wahyu) kepada umat manusia dan mustahil nabi dan rasul menyembunyikan wahyu yang diterimanya.
4. Fathonah, yang berarti cerdas atau pandai. Semua nabi dan rasul cerdas dan selalu mampu berpikir jernih sehingga dapat mengatasi semua permasalahan yang dihadapinya. Tidak ada satu pun nabi dan rasul yang bodoh, mengingat tugasnya yang begitu berat dan penuh tantangan.

Sebagai umat Islam dan sekaligus umat Nabi Muhammad saw. kita harus menjadikannya sebagai teladan utama yang harus kita ikuti semua anjurannya dan kita hindari semua larangannya. Semoga kelak kita semua mendapatkan syafaatnya di hari akhir. Amin. (RNP)