Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Pengadilan Negeri Cilacap

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Pengadilan Negeri Cilacap

16 Jul

Written by Super User
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Cilacap– 1 Juni 2024 – Pada hari ini, Keluarga Besar Pengadilan Negeri Cilacap mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertempat di halaman depan Gedung Pengadilan Negeri Cilacap pada pukul 07.30 WIB. Tema yang diusung pada momen Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cilacap, Bapak Maslikan, S.H., M.H. memimpin jalannya upacara sebagai Inspektur Upacara.

Upacara diikuti oleh Pimpinan, Hakim, Perwakilan Pengurus Dharmayukti Karini Cabang Cilacap, Cakim, Struktural, Fungsional, Seluruh Staff dan PPNPN Pengadilan Negeri Cilacap dengan Khidmah.

Dalam amanatnya, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cilacap yang mengutip sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia menyampaikan bahwa Pancasila merupakan pemandu kehidupan berbangsa dan bernegara sejak pertama kali dicetuskan dalam rapat BPUPK. Di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”. Beliau pun mengajak kita agar dalam momentum yang sangat bersejarah ini, setiap komponen bangsa yang berada di lingkungan pengadilan untuk dapat bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tidak hanya itu, beliau pun berpesan bahwa di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat karena kemajuan teknologi, setiap individu harus dapat dengan bijak menggunakan setiap aspek teknologi tersebut untuk hal-hal yang positif sesuai dengan nilai-nilai luhur dalam Pancasila. Hal ini tidak lain untuk dapat menyongsong pembangunan yang berhasil sesuai dengan nilai dan kultur yang terdapat di dalam Pancasila di tahun 2045 kelak.

WhatsApp Image 2024-06-01 at 08.50.06.jpeg