Kegiatan Pengadilan

Pembinaan, Penataan dan Pengelolaan Perpustakaan Pengadilan Anak pada Pengadilan Negeri Cilacap

22 Nov

CILACAP- Selasa, 22 November 2022 Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Bapak Indrawan, SH., MH menerima Tim dari  dari Bagian Perpustakaan dan Layanan Informasi Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi MA RI guna melaksanakan Pembinaan, Penataan dan Pengelolaan Perpustakaan Pengadilan Anak. Dilakukan penyerahan buku-buku untuk mengisi perpustakaan pengadilan anak.

perpus4.jpg  perpus5.jpg

Sosialisasi Gugatan Sederhana dan Layanan Pengadilan Lainnya

18 Nov

CILACAP- Jumat,18 November 2022 Pengadilan Negeri Cilacap mengadakan kegiatan sosialisasi  Gugatan Sederhana. Bapak Indrawan, S.H., M.H. dan Bapak Christian Wibowo S.H.,M.Hum bertindak sebagai narasumber dalam acara sosialisasi Gugatan Sederhana tersebut. Acara dilaksanakan di Ruang Sidang Wijaya Kusuma pada pukul 13.30-16.30 diikuti peserta dari BRI Kantor Cabang Majenang. Dalam acara sosialisasi tersebut beliau menyampaikan tentang kemudahan dalam mengajukan gugatan secara sederhana.

Sosialisasi Gugatan Sederhana ini berdasarkan PERMA Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana. Tujuan dari adanya gugatan sederhana ini ialah untuk mempercepat proses penyelesaian perkara sesuai dengan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan. Gugatan Sederhana merupakan tata cara pemeriksaan di persidangan terhadap gugatan perdata dengan nilai gugatan materil paling banyak Rp 500.000.000 yang diselesaikan dengan tata cara pembuktiannya sederhana.  

gs2.jpg gs3.jpg

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022

10 Nov

Cilacap – 10 November 2022 Pengadilan Negeri Cilacap kelas 1A  melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan bertempat di halaman gedung Pengadilan Negeri Cilacap pada pukul 08.00. Dengan Inspektur Upacara Bapak Hendri Tobing,S.H.,M.H dan diikuti oleh seluruh hakim dan karyawan/karyawati Pengadilan Negeri Cilacap Kelas 1A serta siswi PKL. Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 ini menjadi momentum renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup sebagai Bangsa dan Negara Merdeka. Menghidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting untuk diresapi semangat dan keikhlasannya.

UpacaraharipahlawanPN

Surveilance Akreditas Dirjen Badilum di Pengadilan Negeri Cilacap

17 Nov

CILACAP – Kamis, 17 November 2022 Tim Surveilan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Terdiri dari Kepala Seksi Evaluasi dan Rasionalisasi Diendy Putera  Pramana,SH.MM,   Kepala Seksi Bimbingan II Sri Hartaty, SH.M.Si,  Kasubag Kelembagaan dan Pelaporan  Aris Priyanto, ST  dan Kepala Seksi Tata Naskah Septin Sri Noni , SE. melaksanakan Surveilan Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Negeri Cilacap.

Surveilan bertujuan untuk menjaga kualitas layanan dan administrasi di Pengadilan Negeri Cilacap sesuai standar Akreditasi Penjaminan Mutu untuk periode tahun anggaran 2022. Pada surveilan ini dilakukan pemantauan kesesuaian pada pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di Pengadilan Negeri Cilacap sesuai standar yang ditetapkan Mahkamah Agung RI.

surveilance1.jpg surveilance3.jpg

Sosialisasi e-Berpadu Pengadilan Negeri Cilacap kepada Lembaga Pemasyarakatan dan Bapas Sewilayah Nusakambangan

09 Nov

CILACAP – Rabu, 9 November 2022 Pengadilan Negeri Cilacap Kelas IA melaksanakan sosialisasi Elektronik Berkas Pidana Terpadu (e-Berpadu) pada pukul 08.30 bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Batu Nusakambangan. Di hadiri oleh ketua Pengadilan Negeri Cilacap Bpk Hendri Tobing, S.H.,M.H., Panitera Muda Pidana Bapak Budi Saryono, S.H., Kasubag PTIP Bagus Wisnu Mardheo, S.H. serta Tenaga IT Mukmil, S.Kom. acara diikuti oleh Tim IT pada Lembaga Pemasyarakatan dan Bapas se-Nusakambangan yaitu Lembaga Pemasyarakatan Batu Nusakambangan, Lembaga Pemasyarakatan Kembangkuning Nusakambangan, Lembaga Pemasyarakatan Besi Nusakambangan, Lembaga Pemasyarakatan Karanganyar Nusakambangan, Lembaga Pemasyarakatan Permisan Nusakambangan, Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Nusakambangan, Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Nusakambangan, Lembaga Pemasyarakatan Pasir Putih Nusakambangan dan Bapas Nusakambangan. Tujuan sosialisasi Aplikasi e-Berpadu menjadi harapan besar untuk terwujudnya proses penanganan perkara pidana yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

EBERPADULAPASNUSA1