Penyampaian Hasil Rapat Koordinasi Peningkatan Kelas

19 Jul

CILACAP - Rabu, 19 Juli 2017 bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A diselenggarakan briefing untuk menyampaikan hasil Rapat Koordinasi Peningkatan Kelas sebagai tindak lanjut dari acara serupa yang diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Jawa Tengah pada Selasa, 18 Juli 2017 dan diikuti oleh Ketua, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A.

20170819 penyampaian hasil rakor peningkatan kelas foto.1

Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Bapak Purnawan Narsongko, S.H. menyampaikan bahwa prasasti peningkatan kelas yang ditandatangani oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah sudah diterima dan secara sah Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I B telah meningkat menjadi Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A. Dalam sambutannya, Bapak Purnawan Narsongko, S.H. tidak henti-hentinya mengajak kepada seluruh hakim dan pegawai untuk mengucap syukur atas pencapaian yang diperoleh tersebut.

20170819 penyampaian hasil rakor peningkatan kelas foto.2    20170819 penyampaian hasil rakor peningkatan kelas foto.3

Penyerahan Prasasti Peningkatan Kelas Pengadilan di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah

18 Jul

SEMARANG - Selasa, 18 Juli 2017 bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dilaksanakan penyerahan prasasti kenaikan kelas pengadilan di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang diikuti oleh Ketua, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Seperti diketahui bahwa Pengadilan Negeri Cilacap merupakan salah satu pengadilan yang diberikan kenaikan kelas dari Kelas I B menjadi I A sesuai dengan SK KMA Nomor 36/KMA/SK/II/2017 tanggal 9 Februari 2017 tentang Peningkatan Kelas Pada Empat Puluh Enam Pengadilan Negeri Kelas II Menjadi Kelas I B dan Tujuh Belas Pengadilan Negeri Kelas I B menjadi Kelas I A.

20170818 penyerahan prasasti peningkatan kelas foto.1    20170818 penyerahan prasasti peningkatan kelas foto.2

Briefing Pagi: “Tindak Lanjut Rapat Koordinasi Peningkatan Kelas Pengadilan”

10 Jul

CILACAP – Senin, 10 Juli 2017 bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma diselenggarakan briefing pagi dengan bahasan Hasil Rapat Koordinasi Peningkatan Kelas Pengadilan. Briefing ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan serupa yang diadakan oleh Pengadilan Tinggi Jawa Tengah pada Jumat,  7 Juli 2017 yang diikuti oleh Ketua dan Sekretaris Pengadilan se-wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang mendapatkan peningkatan kelas.

20170710 briefing peningkatan kelas foto.1    20170710 briefing peningkatan kelas foto.2

Yuni Widiyanti, S.H. selaku Sekretaris Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A menyampaikan bahwa Pengadilan Negeri Cilacap telah diakui secara sah kenaikan kelasnya seiring dengan telah diterimanya SK KMA Nomor 36/KMA/SK/II/2017 berstempel basah, yang berarti diikuti pula dengan penyesuaian kesejahteraan bagi seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Cilacap. Diharapkan dengan adanya penyesuaian kesejahteraan tersebut dapat memacu kinerja agar lebih bak lagi. Briefing diakhiri dengan evaluasi penyerapan anggaran DIPA 03 yang masih rendah, agar supaya diperhatikan jangan sampai mendapat teguran oleh Dirjen Badilum.

20170710 briefing peningkatan kelas foto.3    20170710 briefing peningkatan kelas foto.4

Rapat Bulanan Bulan Juli 2017 Pengadilan Negeri Cilacap Kelas IA

17 Jul

CILACAP - Senin, 17 Juli 2017 bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma diselenggarakan Rapat Bulanan periode bulan Juli 2017. Rapat dimoderatori oleh Panitera Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Joko Sutrisno, S.H., M.H. rapat diawali dengan doa yang dipimpin secara Islam oleh H. Slamet Sudriyo.

20170717 rapat bulanan juli 2017 foto.1

Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Purnawan Narsongko, S.H. dalam sambutannya menyampaikan hal sebagai berikut:
1. Doa untuk Akhmad Budiawan, S.H., M.H. beserta istri dan M. Ismail Hamid, S.H., M.H. beserta istri yang akan melaksanakan ibadah haji semoga diberikan kesehatan dan keselamatan serta menjadi haji mabrur;
2. Telah dibuat SK pakaian kerja, dihimbau bagi seluruh pegawai untuk mematuhinya;
3. Laksanakan sistem yang telah terbentuk;
4. Perhatikan kebersihan, keindahan, dan kenyamanan kantor;
5. Bagi yang beragama Islam, ramaikan mushola kantor dengan sholat berjamaah.

20170717 rapat bulanan juli 2017 foto.2

Sekretaris Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Yuni Widiyanti, S.H. melaporkan hasil kunjungan ke Zitting Plaatz Majenang antara lain:
1. Keadaan gedung dan sarana prasarana Zitting Plaatz memprihatinkan. terdapat beberapa eternit, pintu, dan kursi yang rusak serta gorden yang kotor;
2. Tembok sebelah kanan roboh akibat adanya proyek, dan telah ditindaklanjuti dengan kesepakatan pihak kontraktor pembangunan proyek tersebut mengganti tembok yang roboh dan bersedia menaikkan pagar halaman depan gedung setinggi 60 cm;
3. Belanja modal telah dilaksanakan seluruhnya. Pengadaan instalasi jaringan listrik masih terus berlangsung;
4. Permasalahan penyerapan DIPA 03 yang belum maksimal telah dikoordinasikan dengan Panitera;
5. SPMT dan SPMJ untuk penyesuaian kelas telah dibuat;
6. Kenaikan pangkat pegawai atas nama Bagus Wisnu Mardheo, S.H. dan Mansurudin masih menunggu SK.

20170717 rapat bulanan juli 2017 foto.3

Panitera Pengadilan Negeri Cilacap Joko Sutrisno, S.H., M.H. melaporkan:
1. Pengisian register pada kepaniteraan pidana dan perdata telah dilaksanakan akan tetapi belum terisi lengkap;
2. Bagi Panitera Pengganti yang meminjam berkas pada kepaniteraan hukum dihimbau untuk segera mengembalikan berkas yang dipinjam.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Suwarno, S.H., M.H. menyampaikan bahwa :
1. Kesekretariatan merupakan pendukung dari pelaksanaan teknis dalam hal ini dipegang oleh hakim. Tugas kesekretariatan ini mendukung tugas utama. Contohnya dalam DIPA tidak ada anggaran untuk hakim melaksanakan WASMAT, kesekretariatan harus mengupayakan agar tugas utama tersebut tetap dapat dilaksanakan dengan cara mengupayakan agar mendapatkan alokasi anggaran untuk kegiatan tersebut;
2. Penyelesaian perkara lima bulan adalah dihitung mulai dari pendaftaran, untuk diperhatikan;
3. Sebaiknya setiap pekan, petugas/kasir melaporkan sisa panjar biaya perkara untuk perkara yang masih berlangsung kepada Panmud Perdata dan/Panitera agar dapat terkontrol.

Acara diakhiri dengan makan pagi bersama untuk menjaga kebersamaan seluruh keluarga besar Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A.

20170717 rapat bulanan juli 2017 foto.4

Rapat Koordinasi Peningkatan Kelas Pengadilan di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah

07 Jul

SEMARANG - Ketua dan Sekretaris Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A mengikuti Rapat Koordinasi Peningkatan Kelas di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang diadakan oleh Pengadilan Tinggi Jawa Tengah pada Jumat, 7 Juli 2017 yang bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Sebagaimana diketahui bahwa berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 36/KMA/SK/II/2017 tanggal 9 Februari 2017, ditetapkan adanya peningkatan kelas pada empat puluh enam Pengadilan Negeri Kelas II menjadi Kelas I B dan Tujuh Belas Pengadilan Negeri Kelas I B menjadi Kelas I A. Salah satu Pengadilan Negeri yang memperoleh peningkatan kelas tersebut adalah Pengadilan Negeri Cilacap yang semula Kelas I B menjadi Kelas I A.
Karena itu, untuk keseragaman menyikapi adanya peningkatan kelas tersebut, Ketua dan Sekretaris Pengadilan Negeri Se-Jawa Tengah yang memperoleh peningkatan kelas, dikumpulkan untuk diadakan rapat koordinasi oleh Pengadilan Tinggi Jawa Tengah.

20170707 rakor peningkatan kelas foto.1