Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Gelar Upacara

21 May

CILACAP - Senin, 21 Mei 2018 dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang Ke-110, Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A melaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh hakim, pejabat struktural, fungsional, Pelaksana serta tenaga honorer. Upacara yang berlangsung hikmat tersebut bertempat di halaman Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A dengan komandan upacara Ari Priyambodo, S.H. dan Inspektur Upacara Plh. Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Catur Prasetyo, S.H., M.H.

20180521 upacara harkitnas foto.1   20180521 upacara harkitnas foto.2

Dalam kesempatan upacara kali ini, Inspektur Upacara membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dimana dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini mengusung tema "Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital". Bangsa Indonesia harus bisa bersaing dengan negara lain karena teknologi saat ini yang jauh lebih berkembang. Indonesia akan rugi jika tidak memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kepentingan bangsa. Digitalisasi di berbagai bidang ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Ia akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan landskap ekonomi berbasis digital. (RNP)

Rapat Bulanan Periode Bulan April 2018

19 Apr

CILACAP - Kamis, 19 April 2018 bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma dilaksanakan rapat bulanan periode bulan April 2018. Rapat diikuti oleh seluruh hakim, pejabat struktural, fungsional serta ASN Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A. Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A, Jon Effreddi, S.H., M.H., menyampaikan:

  • Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A telah terdaftar sebagai anggota pelaksana International Consortium of Court Excellence.
  • Budayakan 3S (senyum, sapa, dan salam) kepada sesama warga pengadilan maupun kepada tamu/pengunjung pengadilan.
  • Kedisiplinan hakim dan ASN perlu ditingkatkan.
  • Tingkatkan kebersihan serta budaya 5R, ciptakan rasa memiliki kantor, sehingga apabila ada tamu atau pengunjung yang tidak menjaga kebersihan tidak segan untuk menegurnya.
  • Ruangan untuk PTSP telah dibuat, petugas PTSP yang telah ditunjuk harus selalu mengisi meja PTSP tersebut selama jam pelayanan, seluruh tamu harus dilayani di meja PTSP dan tidak diperkenankan masuk ke ruangan.
  • Seluruh tamu/pengunjung sidang termasuk Pengacara harus menukarkan identitas dengan ID Card kecuali jaksa dan polisi yang bersidang cukup didaftar saja dan tidak diberi ID Card.
  • Terkait organisasi Dharmmayukti Karini, bahwa berdasar Anggaran Dasar, Anggota Dharmayukti Karini terdiri dari Anggota Biasa, Anggota Luar Biasa dan Anggota Kehormatan. Anggota Biasa adalah : Isteri para Hakim Agung, Hakim Tinggi dan Hakim Tingkat Pertama; Isteri para Pejabat Struktural; Isteri para Hakim Yustisial; Isteri para Pejabat Fungsional; Isteri para Karyawan; dan Karyawan. Karena itu, bagi bapak-bapak Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional serta ASN untuk memberitahu dan mengajak istrinya datang pada pertemuan rutin Dharmmayukti Karini.

20180419 rapbul foto.1

Acara dilanjutkan dengan laporan kinerja kepaniteraan, dimulai dari kepaniteraan Pidana, Kepaniteraan Perdata, dan diakhiri oleh Kepaniteraan Hukum. Sebagai penutup rapat disampaikan pula saran dari peserta rapat guna meningkatkan kinerja Pengadilan Negeri Cilacap yang lebih baik. (RNP)

20180419 rapbul foto.2   20180419 rapbul foto.3

Surveillance I Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A

27 Mar

CILACAP - Senin, 26 Maret 2018 Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A kedatangan Tim Assessment dan Surveillance Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dalam rangka Surveillance Rutin di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dan Assessment serta Surveillance Lanjutan Akreditasi Tahap I. Tim diketuai oleh Bapak Dwi Prasetyanto, S.H. dengan anggota Bapak Sudaryadi, S.H., M.H., Rangga Dwi Wiguna, S.E., Akt., M.Hum. dan Mochtar Dwi Hidayanto, S.H.

20180327 surveillance tapm foto.1

Opening meeting dilaksanakan di Ruang Sidang Wijayakusuma tanggal 26 Maret 2018 pukul 14.00 s.d. selesai. Dilanjutkan dengan Penilaian dan Pengawasan dimulai dari mengaudit Top Manager, Quality Manager Representative, Document Control dan Internal Auditor. Tim Assessment beralih ke bagian Kesekretariatan (Umum & Keuangan, Kepegawaian & Ortala, dan PTIP) Setelah itu berlanjut ke bagian Kepaniteraan (Perdata, Pidana, Hukum). Selanjutnya meninjau berbagai aspek kesesuaian pekerjaan masing-masing bagian, seperti SOP, kelengkapan berkas, sarana dan prasarana, sampai dengan kebersihan. Setiap ruangan dan fasilitas yang ada di Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A juga dinilai kesesuaiannya.

20180327 surveillance tapm foto.2   20180327 surveillance tapm foto.3

Closing Meeting dilaksanakan pada Selasa 27 Maret 2018 pukul 12.00 WIB dengan membacakan hasil dari penilaian. Terdapat beberapa ketidaksesuaian yang bersifat minor yang harus segera ditindaklanjuti untuk mewujudkan Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A yang lebih baik.

Sosialisasi PMK Nomor 11/PMK.05/2018 di KPPN Cilacap, Pengadilan Negeri Cilacap Borong Penghargaan

11 Apr

CILACAP - Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran Satuan Kerja di lingkup pembayaran Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap, dengan mengambil tema “Meningkatkan Kualitas Belanja Untuk Kemakmuran Rakyat”, KPPN Cilacap melaksanakan kegiatan sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 11/PMK.02/2018 tentang Tata Cara Revisi Anggaran TA 2018 dan Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-3/PB/2018 tentang Petunjuk Teknis Revisi Anggaran Kewenangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan TA 2018 serta Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Triwulan I Tahun 2018.

20180411 sosialisasi pmk revisi foto.1

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 11 April 2018 ini, dihadiri oleh seluruh satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Cilacap tidak terkecuali Pengadilan Negeri Cilacap. Acara dimulai dengan laporan kegiatan oleh Kepala KPPN Cilacap, Joko Supriyanto. Dalam laporannya, Kepala KPPN Cilacap menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi hari ini terselenggara atas kerja sama Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jawa Tengah dengan KPPN Cilacap dan mengundang Kuasa Pengguna Anggaran atau Pejabat Pembuat Komitmen Satker dan satu operator aplikasi, dengan harapan para pejabat perbendaharaan dapat memahami ketentuan tentang revisi anggaran. Beliau juga menyampaikan bahwa pada triwulan I tahun 2018 penyerapan anggaran Satker di lingkup pembayaran KPPN Cilacap telah mencapai 15,98% melebihi target sebesar 15%.

Selanjutnya sambutan dan pembukaan secara resmi oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini diwakili Kepala Bidang SKKI Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jawa Tengah, Enang Royu Abdie, yang sedang melakukan pembinaan rutin di KPPN Cilacap. Beliau menyampaikan bahwa apabila Satker merasa KPPN dalam memberikan pelayanannya masih ada kekurangan diharapkan untuk dapat menyampaikannya kepada Kepala KPPN Cilacap agar dapat segera diperbaiki dan apabila pelayanan yang diberikan oleh KPPN tidak ada kekurangan maka diharapkan untuk tidak segan-segan memberikan nilai kepuasan layanan sangat baik.

Sosialisasi PMK 11/PMK.02/2018 dengan narasumber Kepala Bidang PA I Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jawa Tengah, Rachnanto Adi Winarko, didampingi pelaksana Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jawa Tengah, Nasri Efendi, dengan moderator Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker KPPN Cilacap, Kun Sri Hartanto. Dalam penjelasannya dapat disimpulkan bahwa batasan revisi anggaran adalah tidak mengakibatkan pengurangan alokasi dana terhadap : belanja pegawai kecuali untuk satker lain, pembayaran tunggakan, RMP untuk kegiatan yang masih berlanjut dan kegiatan yang telah dikontrakkan/ direalisasikan. Serta tidak mengubah: sasaran kegiatan, jenis dan satuan output serta output yang telah direalisasikan. Dalam proses revisi anggaran dibagi menjadi kewenangan DJA dan DJPB.

Pergeseran anggaran antar output dengan besaran anggaran yang digeser >10% dan berdampak pada penurunan volume keluaran (output) serta pergeseran anggaran pada peruntukan yang berbeda diproses di DJA. Sedangkan pergeseran anggaran antar output dengan besaran anggaran yang digeser <10% dan tidak berdampak pada penurunan volume keluaran (output) serta pergeseran anggaran pada peruntukan yang sama diproses di DJPB.

Acara berikutnya Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Triwulan I Tahun Anggaran 2018 dengan narasumber Ari Bustami dan moderator Rejo Saputro, menyampaikan bahwa pada triwulan I tahun 2018 kinerja Satker di lingkup pembayaran KPPN dinilai baik, namun demikian ada beberapa indikator pelaksanaan anggaran yang perlu mendapat perhatian lebih antara masih ada beberapa kontrak yang didaftarkan terlambat, retur SP2D yang masih terjadi dan halaman III DIPA yang perlu disesuaikan.

Dalam kegiatan sosialisasi ini juga diberikan “rapor” masing-masing Satker untuk mengevaluasi kinerja selama triwulan I, dengan harapan agar beberapa kesalahan yang terjadi tidak terulang kembali pada triwulan berikutnya dan Satker senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya. Untuk memberikan apresiasi atas pengelolaan anggaran Satker pada Tahun Anggaran 2017, KPPN Cilacap menyerahkan penghargaan kepada Satker-satker dengan kinerja terbaik. Kriteria penilaian menggunakan 12 Indikator Pelaksanaan Anggaran yaitu pengelolaan UP/TUP, data kontrak, kesalahan SPM, retur, halaman III DIPA, revisi DIPA, penyelesaian tagihan, perencanaan kas, realisasi anggaran, pagu minus, dispensasi SPM dan Laporan Pertanggungjawaban.

Sebagai Satker dengan kinerja terbaik pertama diberikan kepada Madrasah Aliyah Negeri Kroya Kab. Cilacap, diikuti Pengadilan Negeri Cilacap dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Nusawungu Kab. Cilacap di urutan kedua dan ketiga. Satker Kantor Pertanahan Kab. Cilacap, Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Tunggul Wulung di Cilacap dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cilacap berada di urutan keempat, kelima, dan keenam.

20180411 sosialisasi pmk revisi foto.2
Selain penilaian berdasarkan 12 indikator, KPPN Cilacap juga memberikan penghargaan kategori akuntansi dan pelaporan keuangan dengan dasar penilaian yaitu Laporan Keuangan (LK) UAKPA, LPJ bendahara, Rekonsiliasi Rekening, Telaah LK, Kompleksitas Akun LRA & Pos Akrual Neraca dan Status Opini BPK. Penghargaan kategori akuntansi dan pelaporan keuangan diberikan berurutan kepada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cilacap, Madrasah Aliyah Negeri Kroya Kab. Cilacap, Pengadilan Negeri Cilacap, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Cilacap dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Majenang. Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab, antusiasme dari Satker dapat dilihat dari pertanyaan yang diajukan. Dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi ini diharapkan Satker dan KPPN Cilacap dapat senantiasa menjaga sinergi yang telah ada, meningkatkan kualitas pengelolaan APBN semata-mata untuk kemakmuran rakyat. (RNP)

20180411 sosialisasi pmk revisi foto.3   20180411 sosialisasi pmk revisi foto.4

Pengajian Bulan Maret 2018

22 Mar

CILACAP - Kamis, 22 Maret 2018 bertempat di Ruang Sidang Nenggala dilaksanakan Pengajian Rutin. Pengajian yang dijadwalkan dilaksanakan setiap Kamis minggu ketiga ini diikuti oleh seluruh muslim dan muslimah Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A. Ada yang lain dengan pelaksanaan pengajian kali ini karena untuk pertama kali dimasukkan acara pembacaan Asmaul Husna pada awal acara.

20180322 pengajian foto.1   20180322 pengajian foto.2

Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A, H. Jon Effreddi, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan kisah tentang Qarun. Kisah Qarun ini mengajarkan kita tentang bahaya sifat kufur, cinta dunia, dan sombong. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, ”Dan sesungguhnya Musa telah datang kepada mereka (Qarun, Fir’aun, dan Haman) dengan membawa keterangan-keterangan yang nyata. Akan tetapi mereka berlaku sombong di muka bumi, maka tidaklah mereka luput dari kehancuran.” (QS Al-’Ankabut [29]: 39). Islam memberikan rambu-rambu bagi manusia supaya tidak tersesat seperti Qarun. Karenanya, Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengingatkan bahwa hendaklah kita bersyukur atas limpahan nikmat kekayaan itu. Inilah yang tidak dilakukan Qarun sehingga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menimpakan bencana terhadapnya.
”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim [14]: 7).

Kisah Qarun pun sekaligus mengajarkan kita arti penting sifat bersyukur. Allah Subhanahu Wa Ta'ala melalui syariat yang dibawa Muhammad SAW mengajarkan kita bagaimana cara menghindari karakter Qarun dengan berbagai cara. Di antaranya adalah dengan membelanjakan harta di jalan-Nya seperti sedekah, zakat, infak, dan wakaf.

20180322 pengajian foto.3   20180322 pengajian foto.4

Acara selanjutnya adalah penyampaian Tausiyah. Tausiyah disampaikan oleh K.H. Muslihun Azhari, S.Ag. (Imam Masjid Agung Darussalam Cilacap). Dalam tausiyahnya K.H. Muslihun Azhari, S.Ag. mengulas tentang Asmaul Husna. Asmaul husna adalah nama-nama Allah yang indah dan baik. Asmaul Husna dapat kita gunakan sebagai sarana kita untuk berdoa kepada Allah SWT.

وَلِلَّهِ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (١٨٠)

"Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya”. (QS. Al A’raaf: 180).

Allah SWT berjanji, sebuah janji yang pasti ditepati-Nya, yakni Dia akan mengabulkan doa kita sebagai hamba-Nya.
"Berdoalah pada-Ku (Allah) niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina." (QS. Al-Ghafir:60).

3 (tiga) cara Allah SWT mengabulkan doa seorang hamba:
1. Allah SWT Mengabulkan Secara Langsung Setiap Doa yang Dipanjatkan
Ketika kita berdoa kepada Allah, maka Allah SWT bisa saja mengabulkan doa kita secara langsung. Semisal kita meminta doa agar apa yang menjadi impian karir bisa segera tercapai, maka bisa saja melalui usaha yang kita lakukan, maka dalam waktu singkat Allah memudahkan jalan untuk mencapainya. Sehingga inilah cara Allah ketika mengabulkan doa itu secara langsung.
2. Allah SWT Menunda Untuk Mengabulkan Doa Tersebut
Ini artinya Allah memang menunda doa yang kita panjatkan sampai batas waktu yang dikehendaki-Nya. Dimana doa kita ini akan dikabulkan asalkan kita mau bersabar. Semisal jika di tahun ini kita berdoa agar dimudahkan jalan untuk mencari rizki, namun secara tak terduga Allah memberikan rizki tersebut di tahun yang akan datang. Sehingga kita bisa terus bersabar dan berusaha serta berdoa. Maka Allah pun memilihkan waktu terbaik ketika rizki tersebut diberikan kepada kita semua. Namun bisa saja Allah menunda doa yang kita minta, sampai di akhirat kelak baru dikabulkan. Oleh karena itu, janganlah putus untuk selalu memanjatkan doa kepada Sang ilahi.
3. Allah SWT Menggantikan Doa Tersebut Dengan Suatu Hal yang Lebih Baik
Allah SWT bisa saja menyempurnakan doa yang kita panjatkan, atau menggantikannya dengan suatu hal yang lebih baik. Karena bisa saja doa yang kita panjatkan tidak dikehendaki Allah SWT, dan bisa berdampak buruk bagi diri kita, maka Allah menggantikannya dengan suatu hal yang lebih baik. Oleh karena itu, selalu berdoa kepada Sang Pencipta memang sebuah pelindung atau benteng bagi kita semua, agar selalu diberikan jalan terbaik dalam menjalani hidup. (RNP)