Pembinaan Hakim Oleh Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A

21 Jan

CILACAP – Senin, 21 Januari 2019 bertempat di ruang rapat dilaksanakan Pembinaan oleh Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Bapak Jon Effreddi, S.H., M.H. kepada seluruh Hakim Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A. Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A menyampaikan Hakim harus menjaga integritas, menjauhkan hakim dari intervensi dalam menjalankan tugas, baik dari eksekutif, legislatif maupun pihak pencari keadilan. Hakim Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A harus menjauhi tindakan yang melukai Peradilan serta Hakim harus meningkatkan kinerja penanganan perkara, mengisi SIPP tepat waktu. (RNP)

   pembinaan hakim januari 2019  

Pengajian Rutin Pada Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A “Mengingat Kematian”

17 Jan

CILACAP – Kamis, 17 Januari 2019 bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma dilaksanakan Pengajian yang rutin diselenggarakan oleh Keluarga Besar Pengadilan Negeri Cilacap Khususnya yang beragama Islam. Pengajian yang dimulai pada pukul 08.15 WIB diikuti oleh seluruh Hakim, Calon Hakim dan ASN serta siswa PPL dan PKL yang beragama Islam. Tausiyah disampaikan oleh Ustadz Midhan Anis, S.Sy dari Cilacap. Ketua Pengadilan Negeri Cilacap, Bapak Jon Effreddi, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan dalam memahami Al-Qur’an seseorang harus mengetahui asbabun nuzul (konteks turunnya ayat). “Seorang tidak akan mengetahui tafsir (maksud) dari suatu ayat tanpa berpegang pada peristiwa dan konteks turunnya ayat. (Jalalud Din as-Syuyuti, Lubâb an-Nuqûl fî Asbâbin Nuzûl, Beirut: Darl al-Kutub al Ilmiah, 1971, hal. 3). Asbabun nuzul yang melatarbelakangi turunnya ayat adalah salah satu komponen penting yang harus diperhatikan bagi orang yang ingin memahami maksud Al-Qur’an. Selain itu juga menyampaikan utamakan sholat dan pelayanan dalam bekerja.
Ustadz Midhan Anis, S.Sy dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa orang yang paling cerdas adalah orang yang paling banyak mengingat mati. Ibnu Umar radhiyallaahu ‘anhuma berkata, “Suatu hari aku duduk bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba datang seorang lelaki dari kalangan Anshar, kemudian ia mengucapkan salam kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan bertanya, ‘Wahai Rasulullah, siapakah orang mukmin yang paling utama?’ Rasulullah menjawab, ‘Yang paling baik akhlaqnya’. Kemudian ia bertanya lagi, ‘Siapakah orang mukmin yang paling cerdas?’. Beliau menjawab, ‘Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dalam mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang paling cerdas.’ (HR. Ibnu Majah, Thabrani, dan Al Haitsamiy. Syaikh Al Albaniy dalam Shahih Ibnu Majah 2/419 berkata : hadits hasan)[2]

 IMG 3069   IMG 3071

Jika sudah waktunya kematian itu akan menjemput siapa pun, tanpa ada yang mampu memundurkan atau mempercepatnya. “Katakanlah (wahai Muhammad), kematian yang kalian takuti itu pasti akan datang menemui kalian. Kemudian kalian akan dikembalikan kepada Tuhan Yang Maha Mengetahui hal-hal gaib dan nyata. Lalu, Dia akan memberitahukan segala apa yang telah kalian lakukan di dunia.” (QS al-Jumu’ah [62]: 8).
Perbedaan terbesar orang yang mengingat kematian dengan tidak ialah terletak pada kehati-hatian bersikap, kerendahan hati, keikhlasan, amal kebaikan, dan kezuhudannya. Orang yang mengingat mati sejatinya sadar bahwa apa pun tidak ada artinya jika tidak digunakan untuk hal-hal positif yang menjadi bekalnya kelak.Mengingat mati juga membuat seseorang hidup qanaah (merasa cukup dengan pemberian Allah). Ia akan memandang merasa ringan, meskipun hidupnya susah. Karena ia tahu bahwa kesusahan di dunia tidaklah lebih hebat dari kematian.
Al-Imam Al-Qurthubi rahimahullahu berkata, “Ad-Daqqaq berkata, ‘Siapa yang banyak mengingat mati, ia akan dimuliakan dengan tiga perkara: bersegera untuk bertaubat, hati merasa cukup, dan giat/semangat dalam beribadah. Sebaliknya, siapa yang melupakan mati ia akan dihukum dengan tiga perkara: menunda taubat, tidak ridha dengan perasaan cukup dan malas dalam beribadah. Maka berpikirlah, wahai orang yang tertipu, yang merasa tidak akan dijemput kematian, tidak akan merasa sekaratnya, kepayahan, dan kepahitannya. Cukuplah kematian sebagai pengetuk hati, membuat mata menangis, memupus kelezatan dan menuntaskan angan-angan. Apakah engkau, wahai anak Adam, mau memikirkan dan membayangkan datangnya hari kematianmu dan perpindahanmu dari tempat hidupmu yang sekarang?” (At-Tadzkirah, hal. 9)
Manfaat mengingat kematian.
1. Menghilangkan sebab yang membuat lalai
2. Mengingat kematian membuat kita tidak berlaku dholim
3. Mengingat kematian menjadikan seseorang semakin mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan Allah. Karena barang siapa mengetahui bahwa ia akan menjadi mayat kelak, ia pasti akan berjumpa dengan Allah. Jika tahu bahwa ia akan berjumpa Allah kelak padahal ia akan ditanya tentang amalnya didunia, maka ia pasti akan mempersiapkan jawaban. (RNP)

IMG 3052   IMG 3055

Refleksi dan Evaluasi Capaian Kinerja 2018 Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A

08 Jan

CILACAP - Selasa, 8 Januari 2019 dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Jon Effreddi, S.H.,M.H. bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma dilaksanakan rapat guna membahas Capaian Kinerja dan Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Cilacap. Rapat diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Fungsional dan ASN Pengadilan Negeri Cilacap.

20190107 refleksi evaluasi capaian kinerja 2018 foto.1

Dalam bimbingan dan arahannya Ketua Pengadilan Negeri Cilacap menyampaikan terima kasih dan Apresiasi atas Capaian Prestasi Pengadilan Negeri Cilacap selama tahun 2018 yang telah berhasil melaksanakan program kerja yang telah ditargetkan, juga surveillance yang berkaitan dengan mempertahankan Akreditasi dengan nilai A Excellent telah berhasil dilalui dengan baik, demikian juga atas keberhasilan Pengadilan Negeri Cilacap menjadi anggota International Consortium for Court Exellence (ICCE). ICCE adalah Konsorsium Internasional yang terdiri dari kelompok dan organisasi dari Eropa, Asia, Australia, dan Amerika Serikat dengan misi mengembangkan Kerangka Kerja Internasional untuk Keunggulan Peradilan.

20190107 refleksi evaluasi capaian kinerja 2018 foto.2   20190107 refleksi evaluasi capaian kinerja 2018 foto.3

Di akhir bimbingan, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap menyampaikan tetap pertahankan kebersamaan kekompakan dan kesolidaritasan yang telah dibangun, mari ditingkatkan di tahun 2019 untuk prestasi yang lebih baik. (RNP)

Rapat Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019 Guna Mewujudkan Transparansi Anggaran Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A

15 Jan

CILACAP – Selasa, 15 Januari 2019 bertempat di Ruang Rapat Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A dilaksanakan Rapat Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019. Rapat dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Jon Effreddi, S.H., M.H. dan diikuti oleh Perwakilan Hakim, Panitera, Sekretaris, Seluruh Panitera muda dan Kasubbag, perwakilan Jurusita serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Bagus Wisnu Mardheo selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) menyampaikan dan menjelaskan Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) DIPA 098015 dan 099124 Tahun Anggaran 2019 sekaligus menyampaikan rencana Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019. Rapat diselenggarakan dengan tujuan untuk menciptakan tata kelola keuangan yang efektif dan efisien dalam rangka mewujudkan transparansi dan akuntabilitas Anggaran. Rapat diakhiri dengan harapan agar pelaksanaan anggaran di tahun 2019 dapat berjalan dengan lancar sehingga berdampak positif terhadap kinerja aparatur Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A.(RNP)

rapat pengelolaan anggaran1   rapat pengelolaan anggaran3

rapat pengelolaan anggaran2   rapat pengelolaan anggaran4

Rapat Usulan RKA-K/L TA 2020 pada Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A

17 Dec

CILACAP - 17 Desember 2018 bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A dilaksanakan Rapat Usulan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) Tahun Anggaran 2020 dalam rangka menindaklanjuti Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1476/SEK/OT.01.1/12/2018 tanggal 6 Desember 2018 perihal Permintaan ADK RKA-K/L dan Data Dukung Tahun Anggaran (TA) 2020. Rapat diikuti oleh seluruh Hakim, Calon Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, dan staf.

20181217 rapat usulan rkakl 2020 foto.1
Acara dimulai dengan pemaparan rincian anggaran belanja pada Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Tahun Anggaran 2019 oleh Bagus Wisnu Mardheo, S.H. selaku Pejabat Pembuat Komitmen pada Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A. Selanjutnya dilakukan pembahasan usulan RKA-K/L TA 2020 Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A. Renovasi Gedung Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A menjadi hal yang paling banyak diusulkan dikarenakan bangunan yang ada saat ini belum sesuai dengan prototype MA, di samping usia yang sudah tua sehingga membutuhkan biaya pemeliharaan gedung yang tinggi. Sarana prasarana lain antara lain PC, Laptop, Scanner, Printer, AC, Kendaraan Dinas Roda 2 dan Roda 4 tak luput menjadi hal yang diusulkan oleh peserta rapat.

20181217 rapat usulan rkakl 2020 foto.2   20181217 rapat usulan rkakl 2020 foto.3

Secara umum acara berjalan dengan baik. Para Hakim dan pegawai antusias memberikan masukan untuk alokasi penggunaan anggaran tahun 2019 dan juga usulan untuk RKA-K/L Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A pada TA 2020. Diharapkan usulan ini dapat disetujui dalam penelaahan perencanaan anggaran di PT Jawa Tengah untuk kemudian diajukan kepada Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung sehingga nantinya dapat menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A. (RNP)