Pengajian Rutin Pada Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A

22 Feb

CILACAP - Bertempat di Ruang Sidang Nenggala Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A dilaksanakan Pengajian pada Kamis, 22 Februari 2018 dengan diikuti oleh seluruh hakim dan karyawan/karyawati Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A yang beragama Islam. Tausiyah disampaikan oleh Ustadz Didi Ghazali dari Cilacap dengan mengangkat tema “Bersyukur dan Bersedekah atas Karunia dan Nikmat Allah SWT”.

20190222 pengajian rutin foto.1

Acara dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Mukamil, S.Kom., dilanjutkan sambutan Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Bapak H. Jon Effreddi, S.H., M.H. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A menyampaikan bahwa Sebagai manusia terkadang keimanan kita kuat dan juga terkadang lemah. Tujuan Pengajian atau siraman rohani yaitu untuk mempertebal keimanan kita. Mendengarkan pengajian adalah menyirami iman kita supaya bertambah. Bertambahnya keimanan ditandai dengan meningkatnya ibadah kita kepada Allah SWT.

Dalam tausiyahnya Ustadz Didi Ghazali menyampaikan Mensyukuri nikmat dengan mengungkapkan rasa kesyukuran kepada Allah dapat kita laksanakan Dengan tiga hal:
Pertama, syukur dengan hati. Ini dilakukan dengan mengakui sepenuh hati apa pun nikmat yang diperoleh bukan hanya karena kepintaran, keahlian, dan kerja keras kita, tetapi karena anugerah dan pemberian Allah Yang Maha Kuasa. Keyakinan ini membuat seseorang tidak merasa keberatan betapa pun kecil dan sedikit nikmat Allah yang diperolehnya.
Kedua, syukur dengan lisan. Yaitu, mengakui dengan ucapan bahwa semua nikmat berasal dari Allah SWT. "Pengakuan ini diikuti dengan memuji Allah melalui ucapan alhamdulillah. Ucapan ini merupakan pengakuan bahwa yang paling berhak menerima pujian adalah Allah”.
Ketiga, syukur dengan perbuatan. Hal ini dengan menggunakan nikmat Allah pada jalan dan perbuatan yang diridhai-Nya, yaitu dengan menjalankan syariat , menta'ati aturan Alloh dalam segala aspek. Misalnya mulut untuk berbicara yang baik dan membaca al-qur’an. Termasuk juga syukur dengan harta yang kita peroleh dengan cara bersedekah.

قُلْ هُوَ الَّذِي أَنْشَأَكُمْ وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۖ قَلِيلًا مَا تَشْكُرُونَ

Katakanlah: "Dialah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.

Banyak sekali hadist yang menyatakan betapa pentingnya seorang Mukmin untuk melakukan sedekah. Di antara keistimewaannya diantaranya ialah: Sedekah bisa melepaskan pelakunya dari bencana. Sebab Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekah dapat menolak 70 pintu bencana.”

20190222 pengajian rutin foto.2   20190222 pengajian rutin foto.3

Rapat Bulanan Periode Bulan Februari 2018

19 Feb

CILACAP - Senin, 19 Februari 2018 bertempat di Ruang Wijayakusuma Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A diselenggarakan Rapat Bulanan periode Bulan Februari 2018. Rapat dimulai pukul 08.30 WIB dengan diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Fungsional serta Pelaksana Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A.

20180219 rapat bulanan februari 2018 foto.1

Acara diawali dengan pembinaan dari Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Bapak Jon Effreddi, S.H., M.H. yang antara lain berisi bahwa:
1. Usulan penambahan kompetensi Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Cilacap kelas I A telah dibawa ke Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dan segera akan diteruskan ke Ketua dan Sekretaris MA.
2. Sebagian ruang kerja dinilai masih ada yang belum menerapkan Budaya 5R. Bahwa kebersihan, kerapihan dan kenyamanan ruang kerja merupakan tugas kita.
3. PTSP yang telah dibentuk harus dilaksanakan dengan baik.
4. Percepatan penyelesaian perkara harus diperhatikan. Presentase penanganan perkara kita sampai hari ini 58,05%.

Acara dilanjutkan dengan laporan kinerja masing-masing bagian baik kepaniteraan maupun kesekretariatan.

20180219 rapat bulanan februari 2018 foto.2   20180219 rapat bulanan februari 2018 foto.3

Senam Jumat Pagi Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A

12 Jan

CILACAP - Jumat, 12 Januari 2018 pukul 07.30 WIB, dilaksanakan senam pagi bertempat di halaman kantor Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A yang diikuti oleh unsur pimpinan, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh komponen Keluarga Besar Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A dan dipandu oleh instruktur senam yang kompeten. Para peserta bersemangat dalam mengikuti setiap gerakan yang diinstruksikan. Alunan musik yang menghentak menambah semangat para peserta, sorak teriakan terdengar seiring dengan gerakan instruktur. Senam pagi ini dilaksanakan untuk menjaga kesehatan seluruh pegawai Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A agar dapat melaksanakan tugas sehari-hari dengan baik. (RNP)

20180112 senam pagi foto.1   20180112 senam pagi foto.2

20180112 senam pagi foto.3

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Atas Nama Bapak Heronimus Sugiyanto, S.H., M.H.

18 Jan

CILACAP - Kamis, 18 Januari 2018 pukul 09.00 WIB dilaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A atas nama Bapak Heronimus Sugiyanto, S.H., M.H. bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI Nomor 2195/DJU/SK/KP04.5/12/2017 tentang Promosi dan Mutasi Kepaniteraan di Lingkungan Peradilan Umum. Sebelumnya Bapak Heronimus Sugiyanto, S.H., M.H. menjabat sebagai Panitera Pengadilan Negeri Magelang Kelas I B. Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A, Bapak Jon Effreddi, S.H., M.H. mengambil sumpah jabatan dan melantik Panitera Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A dengan disaksikan oleh Yuni Widiyanti, S.H. Sekretaris Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A dan Hj. Suyatmi, S.H., M.H. Panitera Muda Hukum Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A serta didampingi rohaniwan. Acara dihadiri oleh Hakim, Pejabat Struktural, Fungsional dan Karyawan/karyawati Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A serta tamu undangan dari Pengadilan Negeri Magelang Kelas I B.

20180118 pelantikan panitera heronimus sugiyanto foto.1   20180118 pelantikan panitera heronimus sugiyanto foto.2

Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan dimulai dengan Pembacaan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A kemudian penandatanganan Berita Acara Sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas. Acara diakhiri dengan doa bersama dan pemberian ucapan selamat kepada Bapak Heronimus Sugiyanto, S.H., M.H. sebagai Panitera Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A. (RNP)

20180118 pelantikan panitera heronimus sugiyanto foto.3   20180118 pelantikan panitera heronimus sugiyanto foto.4

Rapat Bulanan Periode Bulan Januari 2018, Penandatanganan Perjanjian Kinerja 2018, dan Penandatanganan Pakta Integritas

10 Jan

CILACAP - Rabu, 10 Januari 2018 bertempat di Ruang Wijayakusuma Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A diselenggarakan Rapat Bulanan periode Bulan Januari 2018. Rapat dimulai pukul 08.30 WIB dengan diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Fungsional serta Pelaksana Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A.

20180110 rapat bulanan januari 2018 foto.1

Acara diawali dengan pembinaan dari Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Bapak Jon Effreddi, S.H., M.H. yang antara lain berisi bahwa perolehan Nilai A pada Akreditasi Penjaminan Mutu harus kita syukuri dan kita pertahankan. Konsekuensi dari perolehan nilai A tersebut yaitu kita harus segera mempersiapkan diri guna pendaftaran International Consortium of Court Excellence (ICCE). Tak lupa Bapak Jon Effreddi, S.H., M.H. selalu mengingatkan Keluarga Besar Pengadilan Negeri Cilacap untuk selalu menjaga perilaku, baik di dalam kedinasan maupun di luar kedinasan, meninggikan marwah Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A khususnya. Acara dilanjutkan dengan laporan kinerja masing-masing kepaniteraan dan subbagian. Pada akhir acara dilakukan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2018 dan penandatanganan Pakta Integritas. (RNP)

20180110 rapat bulanan januari 2018 foto.2   20180110 rapat bulanan januari 2018 foto.3