Rapat Bulanan Periode Bulan Juli 2018

20 Jul

CILACAP - Rabu, 18 Juli 2018 bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma dilaksanakan rapat bulanan periode bulan Juli 2018. Rapat diikuti oleh seluruh hakim, pejabat struktural, fungsional, serta ASN Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A. Jon Effreddi, S.H., MH, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A menyampaikan:
- Dalam rangka ikut serta dalam penilaian pelayanan PTSP, dibuat Video Pelayanan PTSP berdurasi maksimal 5 menit, walaupun sederhana yang penting berkualitas.
- Pelayanan surat keterangan, izin sita, penggeledahan dapat dilayani dengan cepat/one day service sepanjang syarat-syarat terpenuhi.
- Kita mendukung Mahkamah Agung menjadi Badan Peradilan yang Agung.
- Pahami dan pedomani buku pedoman praktis pemeliharaan akreditasi.
- Dalam melaksanakan tugas kejurusitaan, JS/JSP harus meninggalkan surat izin keluar kantor.
- Tingkatkan kebersihan dan Budayakan 5 R (Rapi, Rajin, Resik, Ringkas dan Rawat).
- Untuk lebih memperhatikan pemeliharaan kantor.
- Tingkatkan kehati-hatian dalam bekerja.

20180718 rapbul juli 2018 foto.1

Acara dilanjutkan dengan laporan dari masing-masing kepaniteraan dan kesekretariatan. Agenda rapat selanjutnya adalah rencana untuk Penyembelihan Hewan Kurban pada Hari Raya Idul Adha. Telah dibentuk Panitia Pemotongan Hewan Kurban dengan Ketua Panitia H.M.Ismail Hamid, S.H., M.H. Selain itu, dalam rapat bulanan dibentuk pula Ketua panitia Peringatan HUT RI dan HUT MA RI yaitu Sigit Susanto, S.H., M.H. Rapat ditutup pada pukul 10.15 WIB dengan harapan semoga kinerja Pengadilan Negeri Cilacap dapat lebih baik lagi. (RNP)

20180718 rapbul juli 2018 foto.2   20180718 rapbul juli 2018 foto.3

Halal Bi Halal Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A

21 Jun

CILACAP - Kamis, 21 Juni 2018 bertempat di Ruang Wijayakusuma Pengadilan Negeri Cilacap Kelas IA dilaksanakan Halal Bihalal. Acara dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas IA Jon Effreddi, S.H., M.H. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas IA, Jon Effreddi, S.H., M.H. menyampaikan baik secara pribadi dan atas nama pimpinan menyampaikan Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1439 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Beliau menyampaikan bahwa dari momentum bulan Syawal diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Peningkatan tersebut dapat tercermin dari meningkatnya ibadah kita kepada-Nya. Selain itu momentum Syawal juga bisa dijadikan sebagai pemacu untuk meningkatkan profesionalisme kerja.

20180621 halal bihalal foto.1   20180621 halal bihalal foto.2

Secara bahasa, halal bi halal adalah kata majemuk dalam bahasa Arab dan berarti halal dengan halal atau sama-sama halal. Dengan demikian dengan adanya acara halal bihalal diharapkan hubungan yang selama ini keruh dan kusut dapat segera diurai dan dijernihkan. Halalbihalal bermakna untuk merekonstruksi relasi kemanusiaan yang lebih sejuk dan menentramkan. Suasana halalbihalal yang penuh dengan nuansa religius, kekeluargaan dan keterbukaan membuat semua orang yang hadir tidak memiliki beban psikologis tertentu. Pada saat itulah komunikasi sehat bisa terbangun dengan baik.

Acara diakhiri dengan bersalam-salaman dimulai dari Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas IA diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan ASN Pengadilan Negeri Cilacap Kelas IA. (RNP)

Buka Puasa Bersama, Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A Undang Anak Yatim

31 May

CILACAP - Kamis, 31 Mei 2018 Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A mengadakan Buka Puasa Bersama dengan mengundang anak yatim-piatu dari Panti Asuhan Tarbiyatul Aulad, Bandengan, Cilacap. Kegiatan ini di samping untuk menjalin silaturahmi juga untuk memupuk rasa kepedulian dengan saudara-saudara yang kurang beruntung. Acara Dimulai dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A, Bapak Jon Effreddi, S.H., M.H. Acara dilanjutkan dengan Tausiyah oleh Ustadz Didik Fuad Ghozali dari Cilacap Untuk membekali seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A dengan ketakwaan, kemudian dilanjutkan dengan buka puasa dan sholat maghrib berjamaah. (RNP)

20180531 bukber ramadhan 1439h foto.1   20180531 bukber ramadhan 1439h foto.2

20180531 bukber ramadhan 1439h foto.3   20180531 bukber ramadhan 1439h foto.4

20180531 bukber ramadhan 1439h foto.5

Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila di Pengadilan Negeri Cilacap Kelas IA

01 Jun

CILACAP - Jumat, 1 Juni 2018 bertempat di halaman gedung Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila. Upacara diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Fungsional serta ASN dan tenaga pramubakti Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Jon Effreddi, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A yang membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

20180601 upacara hari pancasila foto.2   20180601 upacara hari pancasila foto.1

Peringatan Hari lahir Pancasila tahun 2018 mengambil tema Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi. Dengan merayakan hari lahirnya Pancasila, bangsa ini hendak mengenang peristiwa yang dihasilkan melalui percakapan yang sedemikian mendalam dan demokratis dari “founding fathers and mothers” bangsa kita. Para pendiri bangsa ini secara terbuka dapat menerima berbagai pikiran dan gagasan, dan meramunya menjadi konsensus dasar bernegara. Dengan penetapan Pancasila selanjutnya disusun Undang-Undang Dasar Negara RI yang secara substantif dibuat demi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Dengan latar belakang sejarah seperti itu, layaklah bangsa ini merayakan hari lahir Pancasila setiap tahun, dan merasakan bahwa Pancasila membuat bangsa ini bersatu, dan menjadi motivasi untuk berbagi, sekaligus memberikan semangat bagi putra-putri bangsa ini untuk leluasa menikmati kehidupan yang sejahtera, yang menjadi basis munculnya prestasi yang sebaik-baiknya. Perayaan yang sedemikian akan membuat peringatan 1 Juni menjadi momentum untuk menegaskan komitmen bersama sebagai berbangsa, yang dalam kesatuannya berkomitmen membangun kemandirian bangsa. Dengan merayakan hari lahir Pancasila, bangsa Indonesia berkomitmen untuk mengarusutamakan Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Komitmen itulah yang dapat memandu bangsa ini untuk bersama-sama meraih cita-cita yang gemilang.

20180601 upacara hari pancasila foto.3   20180601 upacara hari pancasila foto.4

Melalui peringatan hari lahir Pancasila, bangsa ini diharapkan dapat menghayati dengan mendalam makna kesatuan dan persatuan, di mana warganya dengan latar belakang yang majemuk dapat bertemu, saling memahami dan bersepakat. Merayakan hari Pancasila berarti kita menguatkan fondasi berbangsa, dan merasakan indahnya bersatu, berbagi dan berprestasi untuk mencapai cita-cita bangsa.

Peringatan hari lahir Pancasila pada tahun 2018 ini juga diharapkan dapat menunjukkan cara-cara khas berbagi dalam peri kehidupan sehari-hari anak-anak bangsa. Peringatan hari lahir Pancasila perlu ditandai dengan semangat gotong royong, terutama dalam persiapan dan penyelenggaraannya. Dengan semangat gotong royong perayaan ini menjadi milik bersama Dengan semangat persatuan dan gotong-royong di atas, peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018 ini juga dimaksudkan untuk menampilkan prestasi-prestasi yang muncul karena didukung oleh semangat kebersamaan dan saling menunjang. Dengan demikian masyarakat dapat melihat bahwa Pancasila telah menjadi inspirasi untuk berprestasi. (RNP)

Sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik

23 May

CILACAP - Rabu, 23 Mei 2018 bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma dilaksanakan Sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Acara diikuti oleh seluruh hakim, pejabat struktural, fungsional serta ASN Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A.

20180523 sosialisasi perma 3 2018 foto.1

Bertindak sebagai pemateri Bapak Jon Effreddi, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A, yang menyampaikan materi sebagai berikut:
­- e-Court adalah pendaftaran perkara secara online, mendapatkan e-Skum secara online, pembayaran online, melakukan konfirmasi pembayaran secara online dan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan secara online.
­- Pengadilan berusaha mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk dapat tercapainya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.
­- Tuntutan pencari keadilan dan perkembangan zaman mengharuskan pelayanan administrasi perkara di pengadilan berbasis teknologi informasi.
­- Proses Pendaftaran Perkara Elektronik:
o Meliputi pendaftaran perkara dan pengiriman semua dokumen.
o Semua pendaftaran perkara akan dilakukan secara elektronik. Penggugat yang tidak memiliki akses elektronik juga tetap dilayani secara elektronik dan dokumen manual juga akan diolah secara elektronik.
o Penaksiran Biaya perkara juga akan dilakukan secara elektronik dengan modul E-SKUM.
­- Pemanggilan Elektronik:
o Dilakukan ke domisili elektronik pihak yang telah menyetujui untuk dipanggil secara elektronik.
o Penggugat yang memasukkan gugatan secara elektronik akan dianggap menyetujui untuk dipanggil secara elektronik.
o Tergugat, Termohon, pihak lain yang telah menyetujui secara tertulis untuk dipanggil secara elektronik.
o Kuasa hukum wajib memperoleh persetujuan tertulis dari principal untuk beracara secara elektronik.
o Biaya pemanggilan elektronik dibebankan kepada para pihak, namun sebagai biaya proses, maka ke depannya sistem tidak akan mengenakan biaya, apabila dokumen dikirim secara elektronik.
o Apabila tergugat tidak menyetujui pemanggilan secara elektronik, maka dilakukan pemanggilan secara konvensional dengan biaya yang berbeda.
o Apabila terpanggil berada di luar yurisdiksi pengadilan pemanggil, maka pengiriman tetap dilakukan secara elektronik dan menembuskannya kepada pengadilan yang memiliki yurisdiksi atas domisili pihak tersebut.
o Pengadilan yang menerima tembusan akan mencatat penerimaan surat tersebut dalam daftar yang dibuat untuk itu.
o Dalam hal tergugat ada di luar negeri, maka diatur lebih lanjut oleh Panitera Mahkamah Agung sesuai dengan Nota Kesepahaman Kementerian Luar Negeri dengan Mahkamah Agung tentang Penanganan Permintaan Bantuan Teknis Hukum Dalam Masalah Perdata (rogatory).
o Pemanggilan dilakukan oleh Juru Sita dengan menggunakan media Sistem Informasi Pengadilan. (RNP)

20180523 sosialisasi perma 3 2018 foto.2   20180523 sosialisasi perma 3 2018 foto.3