Pengajian Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A: Kiat Meraih Takwa dan Muhasabah Diri

10 Dec

CILACAP - Bertempat di Ruang Sidang Wijayakusuma Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A dilaksanakan Pengajian pada Kamis, 8 November 2018 dengan diikuti oleh seluruh hakim dan karyawan/karyawati Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A yang beragama Islam. Tausiyah disampaikan oleh Ustadz Sahlan Nasir, S.H. dari Cilacap dengan mengangkat tema “Kiat Meraih Takwa dan Muhasabah Diri”.

20181108 pengajian foto.1   20181108 pengajian foto.2

Setiap kita tentu saja ingin terus mengokohkan ketakwaan kepada Allah swt., dengan takwa yang sebenar-benarnya, karena itu yang dikehendaki Allah swt. terdapat ayat dalam Al-Qur’an yang mengharuskan kita untuk melakukan evaluasi diri (Muhasabah).

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al.Hasyr: 18) 

لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمْرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلاَهُ

“Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya.” (HR At-Tirmidzi No. 2417, Ad-Daarimi No. 537), dan Abu Ya’la No. 7434)
20181108 pengajian foto.3   20181108 pengajian foto.4