Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

20 Jun

CILACAP - Sabtu, 1 Juni 2019 bertempat di Halaman Gedung Kantor Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A, dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A, Bapak Jon Effreddi, S.H., M.H.. Upacara Bendera ini dilaksanakan sesuai surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 663/SEK/KS.00/5/2019 tanggal 20 Mei 2019. Upacara ini diikuti oleh Seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Cilacap Kelas I A serta Hakim dan Pegawai dari Satuan Kerja Lain yang sedang menjalankan cuti di wilayah Kabupaten Cilacap. Upacara dimulai pukul 07.30 WIB dan berlangsung dengan khidmat. Dalam sambutannya Inspektur Upacara membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia dengan ringkasan sebagai berikut:
1. Keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang. Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman.
2. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.
3. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan "Bhinneka Tunggal Ika".
4. Kita harapkan perdebatan tentang kelahiran pancasila sudah tidak diperlukan lagi.Yang diperlukan mulai saat ini adalah sebagaimana kita mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus.
5. Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapanuntuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.
6. Melalui pringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (RNP)

pancasila 1   pancasila 3

pancasila 4   pancasila 5

pancasila 6   pancasila 7