Pengajian Rutin Pengadilan Negeri Cilacap

24 Sep

CILACAP – Kamis, 30 Januari 2020 bertempat di Ruang Wijayakusuma Pengadilan Negeri Cilacap dilaksanakan Pengajian Rutin Bagi Hakim dan ASN yang beragama Islam. Bertindak sebagai penceramah Ustd. Didi Ghazali dari Cilacap. Dalam Tausiyahnya Ustd. Didi Ghazali menyampaikan Nikmat merupakan karunia Allah yang tidak ternilai harganya. Besar dan banyaknya nikmat yang telah dianugerahkan tidak dapat terhitung. Adapun penggolongan nikmat terbagi menjadi dua macam, yaitu:
a. Nikmat Mutlak Nikmat yang bersifat mutlak adalah nikmat yang berhubungan erat dengan kebahagiaan abadi, yaitu nikmat Islam dan iman. Dalam istilah agama, nikmat yang hakiki dan sebenarnya adalah segala sesuatu yang mengantarkan manusia untuk mendapatkan kebahagiaan hakiki, yaitu kebahagian akhirat. Seluruh kata “nikmat” dalam AlQur’an disandarkan pada Allah SWT kecuali pada satu tempat, yakni kepada Rasulullah SAW. Penyandaran pada Allah sifatnya hakiki, karena hanya Allah semata satu-satunya Dzat yang memberi dan menganugerahi nikmat tanpa ada sekutu bagi-Nya. Setiap manusia tidak akan pernah terlepas dari nikmat Allah, pemberian, dan kebaikan dari-Nya meskipun hanya sekejap mata, tidak di dunia, tidak pula di akhirat, dari hal-hal yang kecil sampai kepada yang besar.
b. Nikmat Muqayyaad Nikmat yang sifatnya terbatas ini dapat dinikmati semua makhluk, baik mukmin maupun kafir. Nikmat dalam lingkup ini bisa berwujud nikmat kesehatan, kekayaan, kelanggengan pangkat, banyak anak, istri cantik, dan yang semisalnya.

1   3

4   5